Jumat, 24 Agustus 2012

hati-hai dengan firasat orang beriman

alkisah,
ada seorang pembantu rumah tangga yang bekerja pada tuan A. si pembantu ini telah bekerja lama sekian tahun kepada tuan A. suatu hari dia(prt) meminta berhenti dari pekerjaannya karena dia sudah sekian tahun lama bekerja ingin menemui istrinya yang telah ditinggal lama. maka si tuan A menerima permintaan si pembantu ini dan tuan A memberi 10 ekor unta dan 100 uang dirham kepada laki-laki tersebut. dengan senang hati , si pembantu ini pulang dengan membawa beberapa ekor unta untuk ia pelihara di rumahnya ,.

di perjalanan dia (prt) bertemu dengan seorang kakek-kakek  sedang duduk di gurun pasir sendirian,. maka mendekatlah laki-laki tersebut kepada si kakek dan bertanya : "kek lagi apa disini sendirian??"
si kakek  menjawab: "saya disini lagi jualan."
prt: "jualan apa kek? saya tak melihat satu pun dagangan kakek? apa sudah habis?'
kakek: "saya jualan nasehat, saya biasa jualan 3 nasehat kepada si pembeli per nasehat dihargai 3 dirham. apakah anda mau?"
prt: "  , :) ,. iya kek saya beli itu nasehat , ni uang nya 3 dirham ,,.apa nasehat kakek kepada diri saya?"
kakek : " alhamdulillah, terima kasih,. ni nasehat buat kamu. :
  1. apabila kamu wahai tuan,. meilhat galaksi bintang kejora maka itu pertanda akan terjadi badai besar atau banjir maka segeralah kamu pergi dari tempat itu menuju ke tempat yang lebih tinggi, misalnya: gunung.
  2. apabila kamu wahai tuan, bertemu dengan orang yang bergigi jarang ,matanya biru maka ketahuilah bahwa orang tersebut adalah jahat.
  3. jangan lah cepat membuat sebuah keputusan , apabila anda wahai tuan cepat membuat keputusan akan terjadi banyak pertumpahan darah.  
maka si prt ini sedikit termenung , berkata dalam hati 'apa kaitannya dengan diri saya,. ya sudah lah cuma 3 dirham doang , saya msih punya 97 dirham lagi. maka dilanjut lah perjalanan menuju kampung halaman.
 perjalanan menuju kampung halamannya ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari 3 malam.dengan perjalanan menaiki unta.

dlam perjalanan seharian tibalah dia di sebuah kampung orang, dia akan bermukim sebentar ,karena hari sudah mau malam ,. maka ia minta izin kepada warga untuk bermukim ,. dan warga pun menerimanya hanya sekadar istirahat satu malam, si prt ini tidur di luar bersama para untanya .
    ketika hendak tidur ,.karena dia tidur di hotel berbintang dan berbulan alias diatas punggung unta,. ia melihat-lihat bintang-bintang di langit yang indah gemerlapan,.,.dan ia brkata :'' ya Allah sungguh indah ciptaan-Mu ,. sambil bertasbih memuji kebesaran-Nya. dan ketika sedang asyiknya ia menatap langit tersadar ia melihat galaksi bintang kejora maka teringat akan nasehat si kakek yang berjualan nasehat tersebut. maka ia berpikir ,apa benar nasehat si kakek, maka ia cepat -cepat menemui para warga untuk memberi tahu galaksi bintang tersebut,. tapi alhasil warga tak percaya kpda orang asing ini alias si prt. warga bilang : sudah biasa kami melihat yang demikian itu,. maka ia(prt) sendiri  yang bergegas cepat meninggalkan kampung tersebut bersama para untanya menuju tempat yang lebih tinggi yaitu perbukitan ,.setelah sampai bukit ,ia berucap: alhamdulillah ,capek juga , sendirian bersama para untanya di perbukitan,dan ternyata tidak berlangsung lama terjadi hujan besar yang mengakibatkan banjir besar yang melenyapkan kampung tersebut ,.semuanya binasa,. maka ia berucap lagi: ''alhamdulillah Ya Allah engkau telah menyelamatkan ku dari banjir tersebut,.tidak sia-sia saya keluarkan 1 dirham atas nasehat si kakek.maka dilanjut lagi perjalanan  si prt ini.
.................................................................................................bersambung..........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar